Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia


Bank Mandiri Bank terbaik di Indonesia
Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank pemerintah (yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia) dilebur menjadi Bank Mandiri, dimana masing-masing bank tersebut memiliki peran yang tak terpisahkan dalam
pembangunan perekonomian Indonesia. Sampai dengan hari ini, Bank Mandiri tetap menjadi bank terbaik di indonesia meneruskan tradisi selama lebih dari 140 tahun memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan perekonomian Indonesia.
Segera setelah merger, Bank Mandiri melaksanakan proses konsolidasi secara menyeluruh. Pada saat itu, kami menutup 194 kantor cabang yang saling berdekatan dan rasionalisasi jumlah karyawan dari jumlah gabungan 26.600 menjadi 17.620. Brand Bank Mandiri diimplementasikan ke semua jaringan dan seluruh kegiatan periklanan dan promosi lainnya. Salah satu prestasi Bank Mandiri yang paling signifikan adalah dengan mengganti platform teknologinya secara menyeluruh. Bank Mandiri mewarisi total 9 core banking system yang berbeda dari 4 bank pendahulunya. Bank Mandiri segera berinvestasi untuk mengkonsolidasikan sistem-sistem dari platform yang terkuat. Dibutuhkan tiga tahun dan dana sebesar US$ 200 Juta demi mengembangkan program untuk menggantikan core banking platform sebelumnya agar sesuai dengan standar perbankan ritel. Kini infrastruktur IT Bank Mandiri telah menyediakan system pengolahan data straigth-through dan interface yang seragam bagi pelanggannya. Sesuai dengan visi kami, Bank Mandiri memasuki segmen bisnis yang menguntungkan dan memiliki prospek tumbuh, sekaligus berperan sebagai institusi perbankan yang komprehensif. Untuk itu, Bank Mandiri sebagai Bank terbaik di Indonesia berfokus pada segmen korporasi, komersial, mikro & ritel, serta pembiayaan konsumen dengan strategi yang berbeda di setiap bisnisnya dan bersinergi dengan seluruh segmen pasar yang ada. Kehadiran Bank Mandiri sebagai Bank Domestik Multispesialis di Indonesia dapat diterjemahkan ke dalam langkah-langkah khusus dengan menumbuhkan pangsa pasar dominan di segmen yang kami fokuskan. Selain itu, Bank Mandiri juga memiliki visi untuk menjadi bank terdepan di Indonesia. Sebagai bank publik, visi Bank Mandiri untuk menjadi bank blue chip publik di Asia Tenggara ini akan diukur berdasarkan kapitalisasi pasar.
Ambisi Bank Mandiri yang ditetapkan untuk 4 tahun ke depannya hanya dapat dicapai dengan mengubah organisasi kami untuk dapat beradaptasi dengan dinamika dan pergerakan pasar. Di tahun 2005, kami berkomitmen untuk menjalankan program transformasi selama 5 tahun untuk membentuk Bank Mandiri menjadi Bank Multispesialis yang Dominan. Kami menetapkanempat tema transformasi sebagai syarat utama: budaya, penjualan, aliansi dan kontrol NPL. Bank Mandiri melakukan Program Transformasi dalam tiga tahap, yaitu:
Tahap 1 (2006-2007)
Back on Track : Dalam tahapan ini, fokus utama kami adalah merekonstruksi ulang fondasi Bank Mandiri untuk pertumbuhan di masa depan
Tahap 2 (2008-2009)
Outperform the Market : Dalam periode ini, Bank Mandiri lebih menekankan ekspansi bisnis untuk menjamin pertumbuhan yang signifikan di berbagai segmen dan mencapai level profit yang mampu melampaui target rata-rata pasar
Tahap 3 (2010)
Shaping the End Game : Di tahap ini, Bank Mandiri menargetkan diri untuk menjadi bank regional terdepan melalui konsolidasi dari bisnis jasa keuangan dan lebih mengutamakan peluang strategi pertumbuhan non-organik, termasuk memperkuat kinerja anak perusahaan dan akuisisi bank atau perusahaan keuangan lainnya yang dapat memberikan nilai tambah bagi Bank Mandiri
Proses transformasi yang telah dijalankan sejak tahun 2005 hingga tahun 2010 ini secara konsisten berhasil meningkatkan kinerja Bank Mandiri menjadi Bank Terbaik di Indonesia. Hal ini tercermin dari peningkatan berbagai parameter finansial, diantaranya:
* Kredit bermasalah turun signifikan, tercermin dari rasio NPL net konsolidasi yang turun dari 15,34% di tahun 2005 menjadi 0,62% di tahun 2010.
* Laba bersih Bank Mandiri juga tumbuh sangat signifikan dari Rp 0,6 Triliun di tahun 2005 menjadi Rp 9,2 Triliun di tahun 2010.
Sejalan dengan transformasi bisnis, Bank Mandiri juga melakukan transformasi budaya dengan merumuskan kembali nilai nilai budaya untuk menjadi pedoman kerja pegawai. Bank Mandiri juga berhasil mencatat sejarah dalam peningkatan kualitas layanan, yaitu menjadi service leader perbankan nasional dengan menempati urutan pertama pelayanan prima selama empat tahun berturut-turut (tahun 2007, 2008, 2009 dan 2010) berdasarkan survey Marketing Research Indonesia (MRI). Selain itu, Bank Mandiri juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak dalam penerapan Good Corporate Governance.
Peningkatan kinerja Bank Mandiri mendapatkan respon positif oleh investor, tercermin dari meningkatnya harga saham Bank Mandiri secara signifikan dari posisi terendah Rp 1.110 per lembar saham pada 16 November 2005, menjadi Rp 6.300,- per lembar saham pada 30 September 2011, atau meningkat 33,6% per tahunnya berdasarkan rata-rata (CAGR). Dalam kurun waktu kurang lebih 6 tahun, nilai kapitalisasi pasar Bank Mandiri meningkat sekitar 7 kali lipat, dari Rp 21,8 Triliun menjadi Rp 146,9 Triliun.
Perkembangan dan rencana Bank Mandiri tahun 2010 - 2014
Saat ini Bank Mandiri tengah melaksanakan tahap transformasi lanjutan tahun 2010-2014, dimana kami telah melakukan revitalisasi visi, yaitu "Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang Paling Dikagumi dan Selalu Progresif". Sejalan dengan visi tersebut, Bank Mandiri juga ditargetkan mampu mencapai nilai kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia, yaitu di atas Rp 225 Triliun dengan pangsa pasar pendapatan mendekati 16%, ROA mencapai kisaran 2,5% dan ROE mendekati 25%, namun tetap menjaga kualitas asset yang direfleksikan dari rasio NPL gross di bawah 4%. Bank Mandiri juga berambisi untuk masuk dalam jajaran Top 5 Bank di ASEAN pada tahun 2014.
Selanjutnya di tahun 2020, Bank Mandiri menargetkan untuk masuk dalam jajaran Top 3 Bank di ASEAN dalam hal nilai kapitalisasi pasar dan menjadi pemain utama di regional. Untuk mewujudkan visi tersebut, transformasi bisnis di Bank Mandiri tahun 2010 - 2014 akan difokuskan pada 3 (tiga) area bisnis yaitu:
Wholesale transaction
Bank Mandiri akan memperkuat leadership-nya dengan menawarkan solusi transaksi keuangan yang komprehensif dan membangun hubungan yang holistik melayani institusi corporate & commercial di Indonesia.
Retail deposit & payment
Bank Mandiri memiliki aspirasi untuk menjadi bank pilihan nasabah di bidang retail deposit dengan menyediakan pengalaman perbankan yang unik dan unggul bagi para nasabahnya.
Retail Financing
Bank Mandiri memiliki aspirasi untuk meraih posisi nomor 1 atau 2 dalam segmen pembiayaan ritel, terutama untuk memenangkan persaingan di bisnis kredit perumahan, personal loan, dankartu kredit serta menjadi salah satu pemain utama di micro banking.
Ketiga area fokus tersebut didukung dengan penguatan organisasi dan peningkatan infrastruktur (cabang, IT, operation dan risk management) untuk memberikan solusi layanan terpadu. Disamping itu, Bank Mandiri didukung oleh Sumber Daya Manusia yang handal, teknologi yang selalu update, penerapan manajemen risiko dalam menjalankan bisnis secara seksama dan penuh pertimbangan, serta penerapan Good Corporate Governance yang telah teruji.
Pencapaian Bank Mandiri
Hingga Desember 2011, total aset Bank Mandiri telah mencapai Rp 551,9 Triliun, dimana jumlah ini berlipat ganda dari total aset di tahun 2006 (sebesar Rp 267 Triliun), atau tumbuh 15,6% (CAGR). Ini mengukuhkan posisi Bank Mandiri sebagai bank terbesar di Indonesia. Kredit Bank Mandiri juga tumbuh menjadi Rp 314,4 Triliun, meningkat 22% (CAGR) dari kredit tahun 2006 yang sebesar Rp 118 Triliun. Sedangkan net profit kami tumbuh menjadi Rp 12,2 Triliun, meningkat 28,3% (CAGR) dari tahun 2006 yang sebesar Rp 2,4 Triliun. Selain menjadi bank pemberi pinjaman terbesar di Indonesia (secara konsolidasi), Bank Mandiri juga merupakan bank penyimpanan terbesar di Indonesia dengan dana pihak ke tiga sebesar Rp 422,3 Triliun. Bank Mandiri juga telah berhasil mempertahankan kualitas aset yang kuat, dibuktikan dengan nilai Gross dan Net NPL Ratio yang masing-masing sebesar 2,21% dan 0,52%. Salah satu momen penting dalam proses transformasi tahap 2 ini adalah suksesnya rights issue pada Februari 2011 untuk memperkuat permodalan bank. Dengan ini, modal Bank Mandiri telah mencapai Rp 62,7 Triliun, meningkat dari 48,9% tahun ke tahun dan menjadi bank pertama di Indonesia yang meraih gelar Bank Internasional, sesuai dengan Banking Architecture atau Arsitektur Perbankan Indonesia (API).
Kinerja Bank Mandiri sebagai Bank Terbaik di Indonesia
Kinerja Bank Mandiri juga didukung oleh perusahaan-perusahaan anak yang memberikan kontribusi pendapatan signifikan, yaitu sekitar 12% dari laba bersih konsolidasi Bank Mandiri. Kini Bank Mandiri memiliki jaringan ATM terbesar, yaitu sejumlah 10.000 unit yang telah terpasang dan tersebar di seluruh Indonesia. Ini menjadikan Bank Mandiri sebagai bank terbaik dalam pelayanan selama 4 tahun berturut-turut dan menjadi perusahaan yang paling terpercaya di Indonesia untuk Good Corporate Govenance selama 5 tahun berturut-turut. Setelah memenuhi berbagai persyaratan dari Bank Indonesia, Bank Mandiri kini berhak untuk menyandang titel sebagai Bank Internasional yang telah beroperasi di sektor perbankan regional dan siap menjadi bank panutan di Indonesia. Hal ini turut didukung dengan visi kami untuk menjadi Lembaga Keuangan yang Paling Dikagumi dan Paling Progresif di Indonesia.
Untuk mendukung berbagai segmen usaha kami serta membangun budaya kerja berbasis kinerja yang kuat di seluruh organisasi, Bank Mandiri menerapkan sistem organisasi berbasis Strategic Business Unit (SBU) yang terdiri dari berbagai unit bisnis yang strategis. Unit bisnis strategis ini akan bergerak sebagai generator penghasil profit pertumbuhan Bank Mandiri di masa depan, sebagai inti dari perusahaan dan juga sebagai layanan fungsi bersama. Bank Mandiri juga didukung oleh beberapa perusahaan anak untuk meningkatkan performa unit-unit bisnis strategisnya, diantaranya Corporate Banking, Commercial Business Banking, Micro & Retail Banking, Treasury & International Banking serta Consumer Finance. Bank Mandiri senantiasa mencari peluang bisnis yang saling menguntungkan guna menciptakan sinergi, membangun aliansi sekaligus memperkuat bisnis pendukungnya melalui perusahaan anak Bank Mandiri, diantaranya Mandiri Sekuritas yang bergerak di bidang investment banking, Mandiri AXA Financial Service yang bergerak di bidang asuransi, Bank Syariah Mandiri yang bergerak di bidang perbankan syariah, Bank Sinar Harapan Bali yang bergerak di bidang perbankan mikro dan Mandiri Tunas Finance yang bergerak di bidang multi-finance. Di tahun 2011, Bank Mandiri berhasil mengakuisisi Mandiri AXA General Insurance (MAGI), yaitu perusahaan hasil kerjasama antara Bank Mandiri dan AXA Societe Anonyme, untuk memperkuat penetrasi Bank Mandiri di bisnis asuransi umum. Dengan memiliki berbagai perusahaan anak yang mendukung bisnis kami, Bank Mandiri kini memegang peranan sebagai institusi finansial holding terkuat di Indonesia.

Visi & Misi Bank Mandiri untuk terus menjadi Bank Terbaik di Indonesia
Visi: Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif
Misi:
    Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar
    Mengembangkan sumber daya manusia professional
    Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder
    Melaksanakan manajemen terbuka
    Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan
Budaya yang dikembangkan Bank Mandiri sebagai bank terbaik di Indonesia adalah TIPCE, yakni:
Trust: Membangun keyakinan dan sangka baik diantara stakeholders dalam hubungan yang tulus dan terbuka berdasarkan kehandalan.
Iintegrity: Setiap saat berpikir, berkata dan berperilaku terpuji, menjaga martabat serta menjunjung tinggi kode etik profesi.
Professionalism: Berkomitmen untuk be ke rja tuntas d an akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab.
Customer Focus: Senantiasa menjadikan pelanggan sebagai mitra utama yang saling menguntungkan untuk tumbuh secara berkesinambungan.
Excellence: Mengembangkan dan melakukan perbaikan di segala bidang untuk mendapatkan nilai tambah optimal dan hasil yang terbaik secara terus-menerus.

Alamat Bank Mandiri pusat adalah:
PT BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk.
Jl, Jenderal Gatot Subroto Kav. 36-38
Jakarta 12190 Indonesia
Telp: 14000, +62-21-52997777
Fax: +62-21-52997735
SWIFT Code : BMRIIDJA 

Sampai saat ini Bank Terbaik di Indonesia ini memiliki 9 anak perusahaan antara lain:
No
Nama Perusahaan Anak
Jenis Usaha
Kedudukan
Presentase Pemilikan
1
Bank Mandiri Europe Limited London (BMEL)
Perbankan
London
100%
2
Mandiri International Remittance (MIR)
Jasa Pengiriman Uang
Kuala Lumpur
100%
3
Bank Syariah Mandiri
Perbankan Syariah
Jakarta
99,99%
4
Mandiri Sekuritas
Sekuritas
Jakarta
95,69%
5
Bank Sinar Harapan Bali (BSHB)
Perbankan
Denpasar
81,46%
6
Mandiri Tunas Finance
Pembiayaan Otomotif
Jakarta
51,00%
7
AXA Mandiri Financial Services
Asuransi Jiwa
Jakarta
51,00%
8
Mandiri Investasi
Manajer Investasi
Jakarta
99,9% (Mandiri Sekuritas)
9
Mandiri AXA General Insurance
Asuransi Umum
Jakarta
60,00%

Penghargaan yang telah diberikan pada bank mandiri sebagai bank terbail di Indonesia ini juga tidak main-main, tahun 2012 saja bank ini sudah berhasil menyabet predikat terbaik, berikut ini adalah penghargaan yang diterima tahun 2012
* Housing Estate: Housing Estate Mortgage Award 2012 - The Most Favorite Mortgage 2012
* Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) dan SWA: Most Trusted Company - Perusahaan Paling Terpercaya
* SWAnetwork dan WIN Solution: Indonesia Best Corporate Transformation 2012 - The Best Achievement
* Serikat Perusahaan Pers (SPS): SPS - Indonesia PR Summit 2012: The Global Challenge & Opportunity in Managing a Sustainable Reputation - Korporasi Pilihan SPS 2012
* Business Review: Anugrah Perbankan Indonesia 2012
    1st place, The Best Bank 2012 in Corporate Communications
    1st place, The Best Bank 2012 in Good Corporate Governance
    1st place, The Best Bank 2012 in Marketing
    1st place, The Best CEO Bank 2012
    1st place, The Best Bank 2012 in Risk Management
    The Best Bank in Indonesia kategori Bank Persero
    2nd place, The Best Bank in Corporate Social Responsibility
* SWA, Net Promoter, dan Hachiko: Customer Loyalty Award 2012
    The Net Promotor Leader; Housing loan
    The Net Promotor Score Good; Saving account
* Brand Finance: Banking 500 2012 - 165th place, Top 500 Most Valuable Global Banking Brands 2012
* Majalah BUMN Track: Anugerah BUMN 2012 - 2nd place, Inovasi SDM BUMN Terbaik
* Majalah Marketing: Digital Marketing Award 2012
    Website & E-Commerce
    Ketersediaan ATM
    Layanan Internet Banking
    Layanan SMS Banking
    e-Wallet untuk Produk Mandiri e-Toll Card
* Majalah Marketeers: Indonesia Brand Champion 2012
    Silver Brand Champion of Recommended Brand Outside Jakarta - Conventional Banking
    Bronze Brand Champion of Most Popular Brand Outside Jakarta - Conventional Banking
* Majalah The Banker: The Banker Award 2012 - Bank Of The Year 2012: Indonesia
* Majalah Warta Ekonomi: Indonesia Best Company Indonesia 2012 - The Fastest Growing Asset Bank
* Majalah Mix: The Most Impactful Brand Activation Award 2012 - Launching Activation Category
* International Institute for Communications and Development (IICD): The 4th IICD Corporate Governance Award - Best Corporate Governance Overall 2012
* Metro TV: Economics Challenge 2012 - Best untuk Kategori Perbankan
* Badan Kordinasi Kehumasan (Bakohumas): Anugerah Media Humas 2012
    1st place, Majalah Mandiri - Pengolahan Penerbitan Internal
    2nd place, Website - Pelayanan Informasi Melalui Internet
* Infobank: Industri Keuangan Berpredikat Sangat Bagus
* Asiamoney Best Domestic Bank Awards:  Best Bank in Indonesia
    Best Domestic Equity House
    Best Domestic Debt House
    Best Domestic Providers Of FX Services
    Best Local Currency Cash Management Services (by currency)
    Best Local Cash Management Bank (across all categories) - Small (1st)
    Best Local Cash Management Bank (across all categories) - Medium (2nd)
    Best Local Cash Management Bank (across all categories) - Large (2nd)
    Best Overall Domestic Cash Management Services - Small (1st)
    Best Overall Domestic Cash Management Services - Medium (3rd)
    Best Overall Domestic Cash Management Services - Large (2nd)
    Best Overall Cross-Border Cash Management Services - Small (1st)
    Best Overall Cross-Border Cash Management Services - Medium (2nd)
    Best Overall Cross-Border Cash Management Services - Large (2nd)
* Alpha Southeast Asia: 6th Annual Best Financial Institution Awards 2012:
    Best Bank in Indonesia
    Best Private Wealth Management Bank
    Best Cash Management Bank
    Best Best FX Bank for Corporates & FIs
* 2nd Annual Corporate Awards 2012:
    Most Organized Investor Relations
    Best Senior Management IR Support
    Best Strategic CSR
    Best CFO in Indonesia (Bpk. Pahala N Mansury)
* Finance Asia Country Awards 2012
    Best Bank in Indonesia
    Best Foreign Exchange Bank in Indonesia
    Best Private Bank in Indonesia
* Euromoney magazine: Euromoney Award 2012 The Best Bank in Indonesia
* Finance Asia Magazine: Finance Asia Awards Asia's Best Companies 2012, Kategori:
    Best Corporate Social Responsibility
    Best Corporate Governance
    Most Committed to a strong dividend policy
    Best Investor Relations (ranked 1st)
    Best Managed Company (2nd runner-up)
    Best CFO (ranked 1 st)
* Marketing Research Indonesia (MRI): The Bank Service Excellence Awards 2012, Kategori :
    Golden Trophy for Banking Service Excellence
    The Most Consistent Bank in Service Excellence - 3rd times (2010-2012)
    The Best Overall Performance - 5th times (2008-2012)
* Visa International: LEADER AWARD (Let Early Actions Deter Early Risks), Kategori The Best Acquiring Institution in South East Asia
* Corporate Governance Asia:  The Best of Asia Corporate Governance Asia Recognition Awards 2012
    Asian Corporate Director Recognition Awards 2012
* BUMN Track dan Markplus: BUMN Marketing Award 2012, Kategori The Best BUMN Marketer 2012 ( 3rd place)
* Frontier Consulting Group: Corporate Image Award 2012, The Best in Building and Managing Corporate Image Kategori : Bank Nasional dengan asset lebih dari 200 triliun
* Kementrian Keuangan: Capital Market Award 2012 Kategori Emiten Obligasi Terbaik
* Majalah Investor: The Best Bank 2012 kategori Special Award Bank Publik Pilihan Investor
* Bisnis Indonesia: Banking Efficiency Award 2012 Bank Paling Efisien : Kategori BUMN
* Majalah Forbes: Forbes :The Global 2000 - The world's Biggest Public Companies ( ranked 488)
* Asia's Best Managed Companies 2012
    Best CFO (1st Place)
    Best Investor Relation (1st Place)
    Best Manage Company (3rd Palce)
* Visa International: Visa Indonesia bank Award 2012 category Best Issuer Award based on SPI
* VRL Financial: Banking & Payments Asia Trailblazer Award 2012 category Product Excellence in E-Commerce
* The Asian Banker: Liquidity Risk Management Award 2011
* Corporate Governance Asia
    Best Investor Relation Website / Promotion
    Best Investor Relations Company (Indonesia)
    Asia's Best CEO (Investor Relation)
    Asia's Best CFO (Investor Relation)
* The Assets: The Best SME Bank in Indonesia
* Euromoney: Best Local Private Bank in Indonesia
* Asiamoney:
    1st Best Overall for Corporate Governance
    1st Best for Disclosure and Transparency
    1st Best for Responsibilities of Management and the Board of Directors
    1st Best for Shareholders' Rights and Equitable Treatment
    3rd Best for Investor Relation
Puluhan penghargaan di atas telah membunktakan bahwa bank mandiri adalah bank terbaik di indonesia.

Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen dilarang tinggalkan link hidup atau mati :)

Wikipedia

Hasil penelusuran